Jaga Bumi dengan Memanfaatkan Penghijauan Lingkungan

Sebagaimana yang kita ketahui dalam kehidupan kita sangat memakai prinsip simbiosis mutualisme, dimana semua makhluk hidup termasuk tumbuhan sangat saling ketergantungan. Semuanya mempunyai peranan masing masing dalam menjaga keseimbangan. Seperti manusia dengan lingkungannya. Sebagaimana kita ketahui semua tanaman melakukan fotosintesis untuk mengubah Co2 menjadi O2 dengan cara menghirup Co2 dan melepaskannya menjadi O2. Hasil fotosintesis tersebutlah yang membuat kita sebagai manusia sangat bergantung kepada tanaman atau lingkungan yang hijau. Semakin banyak tanaman atau semakin banyaknya pepohonan yang tumbuh, itu berarti kita sebagai manusia masih menghirup udara yang bersih dan segar.

Penghijauan lingkungan adalah peran utama manusia dalam menjaga lingkungannya. Penanaman pohon pada lahan lahan tanah kosong adalah salah satu bentuk penghijauan. Selain memberikan kesan yang asri dan indah, penanaman pohon juga memberikan dampak yang sangat baik bagi lingkungan, karena pohon yang kita tanam akan membantu kita dalam mengatasi masalah polusi dan memberikan oksigen bagi manusia. Selanjutnya kita akan membahas tentang apa saja manfaat dari penghijauan.

Pencegahan Erosi

Erosi tanah adalah peristiwa peristiwa pengikisan padatan akibat transportasi angina, air atau es. Erosi tidak sama dengan pelapukan akibat cuaca, yang mana merupakan proses penghancuran mineral batuan dengan proses kimiawi maupun fisik. Oleh karena itu salah satu manfaat penghijauan adalah mencegah terjadinya erosi tanah. Sebagaimana yang kita ketahui Indonesia adalah negara yang beriklim tropis yang artinya cuaca di negara ini termasuk panas. Yang mana bisa mengakibatkan tanah tandus, kekeringan , kebakaran hutan dan lain sebagainya. Oleh karena itu dengan penghijauan, pepohonan yang kita tanam akan membantu kita dalam menghalang angin dan melemahkan kecepatan angin dalam kemampuan membawa partikel yang besar dari tanah. Akar pada pohon berfungsi agar tanah tidak terbawa air jikalau terjadi banjir.

Udara Yang Segar

Salah satu manfaat penghijauan lainnya adalah udara yang segar. Dengan banyaknya pohon yang kita tanam semakin baik kualitas udara yang kita hirup, oksigen yang diproduksi oleh pohon akan semakin baik. Pohon memiliki peranan penting dalam pemurnian udara, bagi kalian yang tinggal di lingkungan yang banyak ditumbuhi pepohonan memiliki resiko lebih kecil memiliki penyakit yang berhubungan dengan udara. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa aktivitas yang kita lakukan juga menghasilkan karbon dioksida seperti, mengendarai motor, membakar fosil dan kegiatan industry.

Selain itu aktivitas manusia juga berdampak pada berkurangnya jumlah pohon dan hutan. Dengan kebutuhan produksi pada suatu industri mengharuskan menebang pohon bahkan mengakibatkan kegundulan pada hutan. Banyak juga aktivitas manusia yang menyebabkan polusi pada udara salah satunya adalah pelebaran lahan dengan cara membakar hutan dan segala macam.

Melindungi Daerah Aliran Sungai

Manfaat selanjutnya adalah memperbaiki kualitas air. Sebagaimana kita ketahui bahwa manusia takkan bisa hidup tanpa air, dan untuk sekarang ini banyak daerah yang mengalami pencemaran dalam perairan lingkungannya. Di kota kota besar masalah kualitas air sangatlah menjadi masalah utama, bahkan untuk mendapatkan air yang jernih dan bersih mereka harus mengeluarkan dana yang bisa terbilang tidak murah. Oleh karena itulah kita sebagai manusia mempunyai peran penting dalam menjaga lingkungan agar kita bisa menghirup udara yang segar dan mengkonsumsi air yang bersih.

3 Manfaat Hutan Sebagai Solusi Bagi Krisis Air Dunia | WRI Indonesia
Aliran Sungai di Hutan dengan Air yang Jernih

Bagi kita yang masih tinggal di pedesaan mungkin hal ini tidak terlalu berdampak dengan kita, tapi bagi mereka yang tinggal di kota kota besar ataupun mereka yang tinggal di bagian daerah yang bisa dibilang memiliki sedikit pepohonan ini akan sangat berdampak bagi kehidupan mereka. Penghijauan adalah kunci dari semua yang kita butuhkan dalam kehidupan sesama makhluk hidup. Oleh karena itu pemerintah pun sudah melakukan berbagai upaya dalam mencegah dan mengurangi kekeringan. Perlu kesadaran bagi setiap manusia bahwa penghijauan itu sangatlah penting .

Lestarikan Satwa Liar

Pernahkah kalian melihat satwa liar saat bepergian keluar kota ? nah itu adalah salah satu dampak dari berkurangnya hutan pada daerah tersebut. Karena pembangunan kota dan perkebunan yang dulunya adalah rumah bagi para satwa liar tersebut. Kota tersebut berkembang tapi tidak memikirkan dampak dari hal tersebut. Untuk kondisi yang lebih ekstrim adalah kepunahan. Dengan penghijauan ini kita bisa membantu pelestarian satwa liar, dengan menanam pohon yang nantinya akan berguna bagi satwa liar. Dengan banyaknya pohon maka ketersediaan tempat tinggal dan makanan akan lebih terjamin untuk satwa liar.

Iklim Terkontrol

Manfaat selanjutnya adalah pengontrol iklim. Indonesia adalah negara tropis yang artinya Indonesia memiliki iklim yang panas. Dengan kondisi bumi yang semakin tua dan ditambah dengan polusi yang disebabkan oleh manusia itu sendiri. Kita pasti pernah terheran dengan cuaca yang ekstrim, perubahan yang sangat signifikan yang terjadi secara tidak teratur, tiba tiba panas dan tiba tiba hujan. Dengan penghijauan kita bisa membantu alam. Banyaknya pohon udara yang tercemar bisa dinetralisir sehingga iklim yang terjadi tidak terlalu ekstrim.

Ekosistem Baru

Lembaga yang bergerak dalam bidang lingkungan dan sumber daya pasti mengupayakan penghijauan. Karena setiap orang yang menanam pada hutan yang menipis maka mereka membantu memperbaiki ekosistem pada hutan tersebut, sedangkan kalau kalian menanam pada hutan yang tandus maka kalian membantu menciptakan ekosistem yang baru pada hutan tersebut. Dengan penghijauan inilah kita membantu satwa liar mendapatkan ekosistem yang baru atau rumah yang baru.

Mengurangi Resiko Banjir dan Pupuk Alami

Masalah yang satu ini sepertinya tidak asing lagi bagi kita. Di Indonesia ini menjadi salah satu PR bagi pemerintah di kota kota besar, terdapat banyak bendungan tapi tetap terjadi banjir. Terjadinya banjir tidak luput dari kesalahan manusia itu sendiri, kelalaian terhadap lingkungan buang sampah sembarangan, terlalu banyak pembangunan dalam kota dan sedikitnya pohon yang ada dalam lingkungan tersebut. Manfaat penghijauan juga bisa mengurangi resiko terjadinya banjir, karena semakin banyak pohon itu berarti semakin banyak alat penyerap air, karena itulah fungsinya akar dari pepohonan.

Dengan banyaknya pohon itu berarti banyak juga volume daun yang berguguran. Jangan salah persepsi dulu, daun yang berguguran bukan berarti itu hanyalah sampah, daun yang berguguran bisa kita olah kembali menjadi pupuk yang alami untuk tanaman lainnya. Jadi apapun yang berasal dari pohon bisa kita olah menjadi hal yang lebih berguna.

Pemandangan yang Indah

Apakah kalian pernah merasa lelah dengan hiruk pikuknya kota ? lelah dengan pemandangan bangunan tinggi setiap harinya, bisa dibilang sangat jarang melihat pemandangan hijau yang asri. Nah, salah satu manfaat dari penghijauan lainnya adalah pemandangan yang indah. Pemandangan yang indah dan segar dengan adanya pepohonan , sawah dan sungai. Pemandangan tersebut juga membantu kita dalam merelaksasikan pikiran yang ada.